Dua Hari Belajar Literasi di MTsN 2 Aceh Besar

Kepala MTsN 2 Aceh Besar, Sudirman M, S.Ag. pada Jumat (26/2) membuka kegiatan literasi tahun 2021 di perpustakaan MTsN 2 Aceh Besar. Pembukaan ini selain dihadiri oleh Kepala Madrasah juga dihadiri oleh Kepala Perpustakaan MTsN 2 Aceh Besar, Sri Rahayuningsih, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasana, Muhammad Yusuf, para guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MTsN 2 Aceh Besar, peserta didik, dan pemateri kelas literasi, Rismawati, M.Pd, dosen Universitas Teuku Umar, Meulaboh.

Kepala MTsN 2 Aceh Besar melalui kegiatan literasi ini berharap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik dapat digali dan diasah sebaik mungkin, hal ini mengingat keterampilan membaca dan menulis sangat diperlukan di masa sekarang ini. Selain itu, beliau juga berharap dengan adanya kelas literasi ini peserta didik dapat mengikuti berbagai lomba kepenulisan di tingkat nasional.

Kegiatan literasi ini berlangsung selama dua hari, yaitu Jumat, 26 Februari 2021 dan Senin, 01 Maret 2021 dari pukul 08.30 s.d. 10.30 WIB. Kegiatan literasi ini sendiri sudah berjalan sejak tahun 2019 lalu dan guru-guru pelajaran bahasa Indonesia sebagai tim pengajarnya.

Peserta didik tampak sangat antusias menerima pembelajaran dari pemateri. Hal ini menadakan peserta didik benar-benar menyenangi bidang menulis dan sastra. “Acaranya sangat menyenangkan. Kita bisa mengembangkan bakat di bidang membaca dan menulis.” Tutur Nasya, salah satu peserta.

Dalam kegiatan ini peserta didik diajarkan untuk menulis hal-hal sederhana yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. “Menulis itu tidak perlu teori yang penting adalah kemauan,” ungkap Rismawati M Pd sehingga memunculkan semangat menulis di dalam diri peserta didik MTsN 2 Aceh Besar.

Pada hari pertama kelas literasi, Rismawati meminta peserta didik untuk menulis cerita berdasarkan apa yang dilihat hari ini. Proses pembelajaran seperti ini membuat peserta senang dan sama sekali tidak terbeban dalam menghasilkan karya. Hal ini seperti yang disampaikan Riska Ismarani, “Saya sangat senang hari ini mendapat pelajaran baru, yang sebelumnya nggak tahu jadi tahu.” tutur Riska di akhir pertemuan literasi.

Setelah menyelesaikan tugas menulis pada hari Jumat, karya peserta didik tersebut dibedah oleh Ibu Rismawati selaku pemateri. Beliau juga membimbing peserta didik dalam upaya menghasilkan karya yang berkualitas. Menurutnya, menulis itu jangan dijadikan beban. Ini tugas khusus bagi tim pengajar kepenulisan untuk menghadirkan suasana menyenangkan dalam proses tulis-menulis.

Pada hari ini, Senin (1/3), peserta kelas literasi mendapat kunjungan khusus dari Ibu Illiza Sa’aduddin Djamal, anggota Komisi X DPR-RI. Setelah menjadi pembina upacara di Madrasah Terpadu Tungkop, Illiza menyempatkan diri untuk memberikan semangat serta motivasi kepada peserta kelas literasi MTsN 2 Aceh Besar.

Pemateri sedang menyampaikan materi

Kegiatan literasi kali ini ditutup secara resmi oleh Kepala Perpustakaan MTsN 2 Aceh Besar, ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Kepala MTsN 2 Aceh Besar kepada pemateri sekaligus penyerahan buku hasil karya beliau kepada MTsN 2 Aceh Besar yang diterima oleh Kepala Madrasah.

Foto Bersama guru dan siswa Literasi MTsN 2 Aceh Besar dengan pemateri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: