Kakankemenag Aceh Besar Lakukan Penutupan Bimtek EDM dan e-RKAM

Penutupan Bimbingan Teknik Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (E-RKAM) digelar di Aula MIN 36 Aceh Besar, Lamlhom pada Hari Jumat (15/1/2021).

Bimtek yang digelar secara serentak di 12 Provinsi tersebut dibagi menjadi beberapa rombel di masing-masing Kabupaten/ Kota berdasarkan jumlah madrasah sasaran, di Kabupaten Aceh Besar sendiri Bimtek EDM dan e-RKAM dibagi menjadi 4 angkatan pelaksanaan dengan jumlah 8 (delapan) rombel secara keseluruhan dan telah dilaksanakan sejak tanggal 14 Desember 2020 silam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, H Abrar Zym S Ag yang hadir secara langsung saat penutupan mengatakan, sebagai daerah penyangga Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar siap menjadi pilot project penerapan aplikasi EDM dan e-RKAM di Provinsi Aceh, hal ini dikarenakan seluruh madrasah telah diberi pemahaman tentang cara penerapan aplikasi melalui Bimtek.

“Kami menyambut baik gagasan Kakanwil Kemenag Aceh yang menjadikan Aceh Besar sebagai pilot project penerapan aplikasi ini, sehingga perencanaan dan pengelolaan dana BOS kita semakin baik”, pungkas beliau.

“Langkah awal untuk memperbaiki mutu pendidikan Madrasah di adalah melalui perbaikan tata kelola anggaran, pihak pengelola madrasah harus bisa mengoreksi diri bagaimana kekuatan, dimana kelemahannya, dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa memperbaiki kualitas pendidikan madrasah”, tutup Abrar.

Penutupan Bimtek tingkat Kabupaten Aceh Besar ini juga ikut dihadiri sekaligus dilakukan pemantauan langsung oleh Kepala Subbag Layanan Kesehatan Pegawai, Sekretariat Jenderal Kemenag RI, Bapak Donny Feronika Octorano.

Sekedar diketahui, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) IBRD Loan Number 8992-ID Tahun Anggaran 2020, e-RKAM dikembangkan untuk menjawab tantangan teknologi untuk mendorong tata kelola anggaran pendidikan madrasah yang efektif, efisien, serta transparan dan akuntabel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: