Kakankemenag Aceh Besar Buka Kegiatan Sosialisasi Madrasah Inovasi dan Persiapan Akreditasi Madrasah Tahun 2022 bagi Guru MTsN 2 Aceh Besar

mtsn

Hari ini, Rabu (17/3) MTsN 2 Aceh Besar mengadakan “Sosialisasi Madrasah Inovasi dan Persiapan Akreditasi Madrasah Tahun 2022”. Acara yang diselenggarakan di Gedung Dekranasda Aceh Besar ini dibuka oleh Kakankemenag Aceh Besar, H. Abrar Zym, S.Ag., M.H. Kegiatan ini diikuti oleh 68 peserta yang terdiri atas tenaga pendidik dan staf TU sejak pukul 08.30 s.d. 17.00 WIB. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh pengawas madrasah.

Kegiatan sosialisasi ini secara umum memiliki dua tujuan seperti yang disampaikan oleh ketua panitia, Nurhayati, S.Pd.I, yakni agar guru MTsN 2 Aceh Besar lebih memahami dan mendalami tentang madrasah inovasi secara keseluruhan serta guru dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan akreditasi madrasah tahun 2022 mendatang. Dalam sambutannya, Kakankemenag Aceh Besar mengungkapkan bahwa madrasah inovasi adalah madrasah yang secara terus-menerus, tidak stagnan dalam melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. “Kita harus mengembangkan ide-ide baru sehingga program itu (red- inovasi) adaptif, sesuai dengan perkembangan zaman, kaya akan inovasi dan prestasi,” sambungnya.

Salah satu materi pada sosialisasi hari ini adalah tentang sekolah riset yang disampaikan oleh Intan Kemala Sari, M.Pd., dosen Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena sekaligus Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Getsempena. Beliau memaparkan tips dan trik bagi guru dalam mendampingi program riset siswa madrasah. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa riset itu bukan berarti kita harus menemukan planet baru, tapi bagaimana kita harus mampu mengamati fenomena di sekitar kita yang memberi dampak positif. Selain Intan Kemala Sari, pihak madrasah juga menghadirkan dua pemateri lain, yaitu di bidang riset, Drs. H. Mukhlis, M.Pd., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh dan di bidang akreditasi, Dr. Makmun Ibrahim, MM, Ketua BAN-S/M Provinsi Aceh.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti para peserta dengan sangat antusias mengingat riset madrasah ini sudah dicanangkan sejak lama. Para guru bersiap untuk membimbing para siswa untuk melakukan riset-riset sederhana di madrasah guna melahirkan inovasi-inovasi yang berdampak luas baik bagi siswa, guru, madrasah, maupun masyarakat luas. Dalam hal ini, kepala MTsN 2 Aceh Besar, Sudirman M, S.Ag, berharap usai dilaksanakan sosialisasi ini para guru mampu membimbing siswa dalam melakukan riset. “Insyaallah MTsN 2 Aceh Besar siap berinovasi menuju madrasah yang lebih baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: