Luncurkan Antologi Cerpen Karya Para Siswa, MTsN 2 Aceh Besar Dinobatkan Jadi Sekolah Aktif Literasi Nasional

Aceh Besar (8/11/2021) – Senin usai upacara bendera berlangsung, MTsN 2 Aceh Besar meluncurkan antologi cerpen berjudul “Andai Aku Bisa Terbang” di lapangan madrasah. Buku ini merupakan kumpulan cerpen karya 47 siswa/i MTsN 2 Aceh Besar yang ikut serta dalam program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional. Selain meluncurkan buku para siswanya, MTsN 2 Aceh Besar yang lebih dikenal dengan MTsN Tungkob juga mendapatkan penghargaan sebagai “Sekolah Aktif Lliterasi Nasional”. Prestasi ini tentu sangat membanggakan sebab MTsN 2 Aceh Besar merupakan satu-satunya madrasah di Aceh Besar yang meraih penghargaan ini.

Keikutsertaan MTsN 2 Aceh Besar dalam program GSMB ini sudah berlangsung sejak April 2021. Ini merupakan wujud nyata dari penetapan MTsN 2 Aceh Besar sebagai “Madrasah Inovasi” yang ditetapkan oleh Kanwil Kemenag Aceh. Salah satu guru bahasa Indonesia, Zahra Nurul Liza, S.Pd., M.Pd., yang merupakan koordinator program ini mengungkapkan harapannya semoga melalui kegiatan ini peserta didik di MTsN 2 Aceh Besar khusunya dan peserta didik di seluruh Aceh umumnya dapat termotivasi untuk menulis dan menerbitkan buku sendiri. “Kapan lagi kita memegang buku yang bertuliskan nama kita di sampulnya.” ungkap Bu Zahra.

Selain para siswa, para guru pun juga terlibat aktif dalam menulis karya berupa artikel dan puisi yang nantinya akan dilombakan secara nasional dan dijadikan antologi bersama guru peserta GSMB nasional 2021. Sudirman M, S.Ag, Kepala MTsN 2 Aceh Besar mengungkapkan bahwa beliau akan selalu mendukung setiap kegiatan di madrasah yang dapat mengembangkan minat dan bakat para siswa serta kegiatan yang memberikan nilai positif bagi madrasah. “Saya sangat bangga pada para guru dan siswa yang telah berhasil menulis cerpen, artikel, maupun puisi. Terima kasih kepada pihak Nyalanesia yang telah memberikan kesempatan luar biasa untuk madrasah kami. Madrasah yang telah ditetapkan sebagai Madrasah Inovasi ini semoga terus berinovasi dalam berbagai aspek.” Lanjutnya.

Kepala MTsN 2 Aceh Besar bersama Kepala Perpustakaan

Kegiatan literasi di MTsN 2 Aceh Besar sudah aktif sejak tahun 2019. Para guru dan siswa dibekali pengetahuan mengenai dunia literasi, khusunya literasi baca-tulis. Pengembangan literasi ini juga diwujudkan melalui pelajaran muatan lokal (mulok) literasi baca-tulis sejak tahun ajaran 2021/2022. Literasi di kelas VII fokus pada menulis karya sastra, sedangkan literasi pada kelas VIII diarahkan untuk meningkatkan kompetensi siswa untuk menulis karya ilmiah. Selain diajarkan oleh guru di lingkungan madrasah sendiri, beberapa kali pertemuan literasi juga diisi oleh narusumber yang mumpuni di bidangnya.

Program GSMB yang pertama kalinya diikuti oleh MTsN 2 Aceh Besar ini merupakan program nasional yang diselenggarakan oleh Nyalanesia. Program ini fokus pada pengembangan literasi sekolah. Pihak Nyalanesia memfasilitasi para siswa dan guru untuk menerbitkan buku ber-ISBN, pendampingan untuk mengembangkan program literasi, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta kesempatan untuk mengikuti kompetisi literasi paling bergengsi di tingkat nasional.

Foto Bersama Siswa dan Guru Pembina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: