Madrasah Terpadu Tungkop Peringati Hari Pahlawan

Aceh Besar (15/11/2021) – Tanggal 10 November merupakan hari pahlawan dimana seluruh bangsa Indonesia memperingatinya sebagai bentuk rasa hormat dan mengenang atas jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Momen memperingati hari pahlawan madrasah Terpadu Tungkop melaksanakannya dalam bentuk upacara di lapangan madrasah terpadu Tungkop. Rabu, 10 November 2021.

Bertindak sebagai pembina upacara hari pahlawan Dandim O101/BS Banda Aceh yang diwakili Pabung Kodim 0101/Aceh Besar Dam IM Letnan Inf Issukandar, S.Ag. Pembina Upacara dalam amanatnya mengajak seluruh peserta upacara untuk selalu mengigat jasa para pahlawan, karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan.

Issukandar juga menceritakan sedikit sejarah latarbelakang ditetapkan 10 November sebagai hari pahlawan, sebagai kilas balik tentang peristiwa Surabaya pada tanggal 10 November 1945, terdapat pertempuran besar antara pemuda-pemuda Surabaya dengan tentara Belanda. Bertempur melawan tentara sekutu NICA (Netherlands-Indies Civil Administration) dan sekutunya.

Momen bersejarah itu tak bisa lepas dari peran fatwa Resolusi Jihad Nahdlatul ulama (NU), yang menggerakkan warga dan juga kalangan santri untuk menghantam pasukan sekutu di Surabaya.

Keluarnya Resolusi Jihad tersebut tak terlepas dari permohonan Presiden Sukarno pada 17 September 1945, yang memohon fatwa hukum kepada ulama. Karena NU merupakan organisasi Islam yang terbesar kala itu, maka Presiden Sukarno meminta fatwa untuk mempertahankan kemerdekaan bagi umat Islam kepada KH Hasyim Asyari. Ucap Issukandar.

Upacara memperingati hari pahlawan berlangsung secara khidmat, para guru dan siswa, baik siswa MAN 4 Aceh Besar, MTsN 2 Aceh Besar, MIN 20 Aceh Besar sangat bersahaja mendengar amanat dari pembina upacara, di akhir upacara pasukan Obade bersama menyajikan lagu gugur bunga.

Sumber: infonanggroe.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: