MTsN 2 Aceh Besar Gelar MATSAMA, Ini Harapan Kepala Madrasah

PPDB MTsN 2 Aceh Besar 2021

Sebanyak 224 siswa baru MTsN 2 Aceh Besar mengikuti MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) selama tiga hari, yakni mulai Senin, 12 Juli s.d. Rabu,14 Juli 2021. Kegiatan dilaksanakan di Kompleks Madrasah Terpadu Tungkob, tepatnya di aula dan musala.

MATSAMA merupakan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik baru. Melalui kegiatan ini para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter, dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.
Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. Sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.

Kepala MTsN 2 Aceh Besar sedang menyampaikan arahan dan bimbingan kepada siswa baru

Kepala MTsN 2 Aceh Besar, Sudirman M, S.Ag, berharap melalui kegiatan tersebut, para siswa baru dapat lebih mengenal dan memahami MTsN 2 Aceh Besar yang merupakan lingkungan baru bagi mereka guna menjadi wadah bagi siswa untuk belajar sebaik dan senyaman mungkin. Mereka juga diharapkan dapat mengembangkan berbagai
kelebihan dan keahlian yang mereka miliki melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTsN 2 Aceh Besar.

Sehubungan dengan hal tersebut, Aulia Zulmy selaku pembina OSIM juga berharap mandrasah ini menjadi wadah bagi peserta didik dalam mencapai berbagai prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, di madrasah maupun luar madrasah. Hal ini sebagaimana yang disampaikan beliau, “Semoga siswa baru kali ini bisa lebih semangat untuk belajar di lingkungan MTsN 2 Aceh Besar sehingga dapat menjadikan MTsN 2 Aceh Besar sebagai salah satu batu loncatan dalam mewujudkan cita-cita dan impian mereka semua” ungkap guru bahasa Inggris yang biasa disapa Pak Au ini.

Siswa Baru mendengar Arahan Pembina OSIM, Aulia Zulmy
Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Suji Hartini sedang memberi arahan

Usai kegiatan MATSAMA selama tiga hari, para siswa mulai duduk di kelas masing-masing. Mereka bertemu wali kelas dan teman sekelasnya. Proses Belajar Mengajar (PBM) pun dimulai sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: