MYRES 2022, Dua Siswi MTsN 2 Aceh Besar Melaju ke Babak Grand Final di Jakarta

Aceh Besar (02/10/2022) — Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah mencapai seleksi tahap ketiga, hal ini sebagaimana surat Dirjen Pendis nomor: B-2574/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/09/2022, tanggal 28 September 2022.

Dua orang siswa MTsN 2 Aceh Besar, yakni Siti Marfika dan Najwa Zafira yang turun pada Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora melakukan penelitian dengan mengangkat tema “Aktivitas taman edukasi Aceh: Sebuah implementasi kepedulian terhadap pendidikan anak-anak pemulung di Kota Banda Aceh”, dan berhasil melaju ke babak 6 besar setelah menyingkirkan 3.811 peserta lain se Indonesia.

Pada tahapan ini hanya menyisakan sejumlah 6 besar kelompok peserta yang akan mengikuti babak grand final secara luring di Jakarta, pada tanggal 10 sampai dengan 13 Oktober 2022, sebelumnya masing-masing peserta dari seluruh Indonesia telah melakukan presentasi hasil penelitiannya di hadapan dewan juri sebanyak dua kali melalui zoom meeting.

Keberhasilan MTsN 2 Aceh Besar tahun ini sekaligus menjadi sejarah karena hanya satu-satunya perwakilan madrasah dari Pulau Sumatera yang akan bertanding di babak grand final untuk semua cabang keilmuan yang diperlombakan, dimana madrasah DKI Jakarta dan Jawa Timur masih mendominasi, kondisi ini tentu menjadi catatan sendiri untuk pengembangan mutu Pendidikan madrasah, khususnya di Provinsi Aceh.

Kepala MTsN 2 Aceh Besar, Sudirman M, S.Ag menyambut baik hasil MYRES tahun ini, “Inilah prestasi kita, alhamdulillah tahun ini kita mampu melesat jauh sampai ke babak grand final”, ucapnya.

“Tentunya ini berkat kegigihan siswa dalam melatih bersama guru pendampingnya, serta dukungan dewan guru di madrasah”, ujar beliau

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, melalui Sub. Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan, Bidang Pendidikan Madrasah, Drs. Nasruddin, M.Ag mengunjungi MTsN 2 Aceh Besar untuk bertemu langsung dengan peserta serta mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih ini. Nasruddin berharap siswi ini mampu membawa nama harum daerah Aceh di kancah nasional.

“Tetap semangat, fokus berlatih, buktikan jika anak Aceh mampu bersaing di tingkat nasional”, ucap beliau penuh harap.

Selain itu beliau mengucapkan terima kasih kepada pembina dan dewan guru yang terus menyemangati dan mendukung peserta MYRES selama penelitian, “Keberhasilan mereka merupakan harga diri kita, saya harap terus lakukan pembinaan, tidak hanya di MYRES namun juga pada lomba-lomba lain yang diadakan”, tutup beliau

Sebagaimana diketahui, MYRES 2022 ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Ilmu Keagamaan Islam (IKI), Ilmu Sosial dan Kemanusiaan/Humaniora (ISH), dan 3) Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST). Kategori ketigalah diminati oleh sejumlah 3.603 pendaftar, selanjutnya peminat Ilmu Sosial dan Kemanusiaan/Humaniora mencapai 3.811 dan Ilmu Keagamaan Islam mencapai 1.806 pendaftar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: