Sejarah Singkat

Awal Berdiri

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Aceh Besar didirikan pada tanggal 02 April 1962 yang diprakarsai oleh sebuah Badan Pembina Pendirian Sekolah Menengah Islam (SMI) tingkat pertama yang terletak di desa Tungkob Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Propinsi Daerah Istimewa Aceh.

Pada tahun 1968 tepatnya pada tanggal 5 Juli 1968, Sekolah Menengah Islam (SMI) ini dinegerikan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 1968 dengan nama ” MTsAIN ” singkatan dari : “Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri”, dan karena tempat madrasah ini berada di desa Tungkob, maka lengkapnya sekolah ini diberi nama meniadi “MTsAIN TUNGKOB” dengan sistim Pendidikan dan Pengajarannya adalah 70 % pelajaran agama lslam dan 30 % pelajaran umum.

Perubahan Nama

Pada tahun 1980 sesuai Keputusan Menteri Agama RI dirubah lagi namanya menjadi “Madrasah Tsanawiyah Negeri Tungkob” atau disingkat menjadi “MTsN Tungkob” dengan materi sistim Pendidikan dan Pengajarannya menjadi hanya 30 % pelajaran Agama Islam dan 70 % pelajaran Umum.

Hal ini untuk mengimbangi metode pendidikan dan pengajaran pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, karena pada setiap akhir Tahun Pelajaran baik MTs maupun SMP diwajibkan mengikuti Evaluasi Belajar Tahab Akhir secara Nasional.

Pada Tahun Pelajaran 2003/2004 tepatnya tanggal 24 Mei 2003 siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Tungkob sudah dapat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) pada gedung baru yang berlantai dua, yaitu gedung yang ada pada saat sekarang ini.

Adapun berdirinya gedung ini dibiayai dengan dana Anggaran APBN, sedangkan tanahnya yang luasnya lebih kurang 1.486 meter persegi adalah hasil tukar guling tanah dengan penduduk setempat, sedangkan gedung sekolah lama sudah musnah terbakar.

Sementara untuk mencukupi tanah tukar menukar tanah untuk pendirian gedung baru diperoleh dari sumbangan dan partisipasi masyarakat, orang tua/wali murid dan dewan guru dari empat jenjang sekolah, mulai dari TK/RA Takrimah, MIN Tungkob, MTsN Tungkob dan MAN Darussalam serta bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah ). Sejak tahun 2017 MTsN Tungkob berubah menjadi MTsN 2 Aceh Besar.

Our Skilled Instructors

50
PROFESSIONAL INSTRUCTORS
87
NEW COURSES EVERY YEAR
25
LIVE SESSIONS EVERY MONTH
277
REGISTERED STUDENTS

What Our Students Say

%d blogger menyukai ini: